Friday 10 October 2014

PERJALANANKU MENGELILINGI JAWA TIMUR

October 10, 2014 by Tia Esha Nombiga

DAY 1 (Rabu, 03 September 2014) : JAKARTA - JOGJAKARTA

Ini kisah perjalanan gue sewaktu touring mengelilingi Pulau Jawa dari ujung kulon ke ujung ngetan bersama nyokap gue. Katanya sih jalan-jalan ini sebagai hadiah gue yang baru lulus kuliah.

Perjalanan tersebut dimulai pada tanggal 03 September 2014 pkl 21.55 WIB dengan jadwal tour pertama yaitu menuju Jogjakarta yang diperkirakan tiba sekitar pkl 06.00, gue berangkat menaiki Kereta Api Ekonomi Bogowonto dari Stasiun Senen, HAHAHA selain supaya murah juga supaya terasa kalo lagi jalan-jalannya. Sebenernya ini pengalaman pertama kalinya gue naik kereta ekonomi malam. Awalnya sih gue seneng tapi lama-kelamaan kok rasanya leher pegel bgt karena gak bisa nyender, udah gitu pemandangannya gelap bgt, ditambah lampu gerbong gak dimatiin, makin gak bisa tidur dan ditambah ada mbak-mbak yang teleponan melulu sama pacarnya padahal jam sudah menunjukkan pkl 1 dinihari, bukannya envy ya cuma berisik aja sampe diSSSTTT-in sama ibu-ibu di belakang saking berisiknya karena ini mbak-mbak juga becanda sama temen-temennya yang duduk di belakang, kayaknya nih mbak-mbak sama temen-temennya mau backpacking ke Jogjakarta. Alhasil selama perjalanan gue cuma bisa tidur selama 2 jam. Selama di dalem kereta, gue ngeluh gak mau naik kereta lagi, terus nyokap nyeletuk “Kalau mau nyaman ya naik kereta eksekutif atau bisnis” “Iyaa sih beneeer”.

DAY 2 (Kamis, 04 September 2014) : JOGJAKARTA

Hari Kamis, tgl 04 September 2014, akhirnya gue sampai juga di Stasiun Tugu Jogjakarta. Niatnya sih langsung cari penginapan sekitar stasiun, tapi kok rasanya badan ini udah gak bisa diajak kompromi. Seperti biasa, kalo kecapean maag gue selalu kumat lagi sakitnya. Akhirnya kita duduk-duduk dulu di stasiun, terus gue berpikir mendingan kita langsung cuss ke rumah mbah di Madiun, udah gak ada niat lagi buat main-main ke Malioboro apalagi nyari penginapan karena yang ada di dalam pikiran gue tuh cuma MANDI MANDI MANDI KASUR KASUR KASUR… Yaudah akhirnya nyokap setuju dan kita langsung tanya ke bagian informasi mengenai jadwal Kereta Madiun Jaya, dan ternyata kereta menuju Madiun baru ada pkl 4 sore, ALAMAAAKKK nunggu lagi-__- mungkin karena muka kita kayak muka orang putus asa, tiba-tiba kita disamperin sama seorang bapak, bapak ini nanya kita mau kemana, akhirnya kita nanya kalo kereta ke Solo namanya apa, NAH kebetulan banget bapak ini juga mau ke Solo, akhirnya kita dianterin dan dikasih tau cara beli tiket ke Solo, nama keretanya Pramex, lama perjalanan dari Jogjakarta ke Solo sekitar 2 jam. Kita nunggu sekitar sejam sampe keretanya dateng. Selama nunggu itu, kita ngobrol-ngobrol sama bapak itu (entah nama bapak itu siapa), ternyata bapak itu kerja di Kemahasiswaan UNS, dia juga abis dari Jakarta bawa seorang anak lulusan SMK yang dia bilang sih “adiknya” ternyata bukan. Akhirnya kereta Pramexnya pun datang, gue nyokap sama anak cowo itu masuk duluan, nah si bapak naik belakangan terus dia gak dapet tempat duduk, akhirnya dia berdiri. Gue duduk sebangku sama anak cowo itu yang namanya Aldi kalo gak salah, terus depan gue ada anak UNS sama cewek bule. Cewek bule ini hebat banget, baru tinggal di Indonesia selama 8 bulan tapi udah lancar Bahasa. Kita berempat ngobrol santai, pertama sih cewek bule itu duluan yang ngajak ngobrol terus dia ngasih sesuatu kayak semacam kartu nama, ternyata dia bekerja di pelayanan masyarakat untuk agama Katolik, dia pergi bersama ketiga temannya dan hanya seorang yang WNI. Awalnya dia memperkenalkan diri, terus kami juga memperkenalkan diri kami, sewaktu dia ngasih kartu nama itu ke gue, dia agak canggung karena mungkin gue memakai jilbab, lalu dia nanya agama kita apaan, karena kebetulan semuanya Muslim (gue, Aldi, dan cewek UNS). Terus kita saling tanya, ternyata dia berumur 20 tahun (sama lah kayak gue tapi kayaknya sih tuaan gue) dari California, ok fix di situ gue paling tua, karena Aldi berumur 18 tahun dan cewek UNS itu berumur 17 tahun tapi entah kenapa gue ngeliat cewek bule ini kayak udah berumur 25 tahun, mungkin karena hormon kematangan gen kaukasoid emang kelewatan kali yaa…

Akhirnya setelah 2 jam perjalanan, kami sampai di Stasiun Solo Balapan. Di stasiun inilah akhirnya gue berpisah sama bapak itu dan Aldi, sumpah baru pertama kenal Aldi rasanya udah kayak kenal lama aja. Bapak itu emang baik banget nyampe mau nyariin becak menuju Terminal Solo buat naik Bus MIRA jurusan Solo-Surabaya. Akhirnya gue sama nyokap naik becak dilanjut naik Bus MIRA. Entah karena emang gue prefer naik bus, gue baru bisa tidur bener-bener nyenyak di dalam bus ini. Busnya enak banget kayak bus malam yang biasa gue naiki. Sekitar 3,5 jam perjalanan dari Solo menuju Madiun dan kita berhenti untuk beristirahat dahulu di rumah sepupu gue yang berada di Jiwan. Sesampainya di Jiwan, gue langsung mandi dan makan siang. Selang setengah jam setelah makan siang, bude gue mengajak kami makan di Pusat Ayam Bakar Gandu, sebenernya perut masih penuh sama nasi yang baru gue makan, tapi ngedenger kata ayam bakar, gimana gue mau nolak *ngiler*

Akhirnya gue IYA-in. Perjalanannya sih dekat hanya membutuhkan waktu 15 menit. Dan ketika ayam bakar itu disajikan, beeuuhh rasa kenyang di perut semuanya hilang. Bukan lebay, ayam bakar ini adalah ayam bakar terenak yang pernah gue makan, karena disajikan bersama lalapan, sambel bawang, sambel terasi, urap, dan sayur tolo. Bukti bahwa ayam bakar ini bener-bener enak dari kondisi piring yang gue pake buat makan bersih tanpa sisa padahal gue baru selesai makan. Selesainya andok (read: makan di luar) di Ayam Bakar Gandu, kami langsung kembali ke rumah dan beristirahat sejenak sebelum kembali ke rumah mbah di Madiun.

DAY 3 (Jumat, 05 September 2014) : NGAWI, JAWA TIMUR

Rasanya gue bakalan gemuk kalo terus-terusan tinggal di sini karena sehabis makan malam, sekitar pkl 7 malam, Om Hani menghubungi nyokap dan mengajak kami untuk menyantap seafood bersama di Ngawi (sumpah mau makan aja jauh banget, lama perjalanan kayak dari Cibinong-Bogor dengan mobil). Karena ada yang mau mentraktir, gue dan nyokap tidak akan menolak walaupun baru saja selesai makan malam. HAHAHA... Om Hani ini seorang pengusaha keturunan Cina yang merupakan teman SMA nyokap. Kalo ngedenger nyokap dan Om Hani bercanda udah kayak gak inget umur-_- HAHAHA...

Kami pergi bersama Isteri Om Hani yang bernama Tante Emi Tan dan anaknya yang bernama Mas Adi. Satu jam perjalanan, akhirnya kami sampai di pusat Kota Ngawi untuk menyantap seafood di sebuah kedai kecil bernama Sari Laut (setau gue di Madiun ada deh, kenapa jauh-jauh ya-_- denger-denger sih enak). Kami memesan ikan bawal bakar, kerang dara saus tiram, udang asam manis. udang goreng, kepiting asam manis, kepiting rebus, dan nasi untuk 5 porsi (Om Hani kalo mesen menu gak make mikir, ujung-ujungnya dibawa pulang karena gak habis-_-). Setelah selesai makan, akhirnya gue dan nyokap sampai rumah mbah sekitar pkl setengah 12 malam.

DAY 4 (Sabtu, 06 September 2014) : DESA KRESEK, MADIUN, JAWA TIMUR

Hari Sabtu tgl 06 September 2014, nyokap ngajak gue, Mbak Ina, Bude Tik, Pakde Rus, dan Tante Dudin makan-makan di daerah Grape. Grape merupakan pusat makanan lesehan yang bertajuk persawahan dan perhutanan yang dapat ditempuh dengan lama perjalanan sekitar 30 menit dari pusat Kota Madiun. Awalnya gue penasaran sama tempat yang dulu pernah menjadi tempat pembantaian PKI Madiun pada tahun 1948 yaitu di Desa Kresek, tidak jauh dari Grape. Di sini terdapat monumen kekejaman PKI yang hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki karena tempatnya lumayan tinggi dan harus menapaki tangga. Dahulu tempat ini juga pernah menjadi lokasi syuting Mister Tukul karena tempat ini dianggap angker. Entahlah gue gak tau angker atau engga karena tujuan gue ke sini karena penasaran dengan sejarahnya. Seperti ini nih fotonya (model nyokap dan Tante Dudin)

Monumen Pembantaian PKI di Desa Kresek, Madiun
Setelah puas melihat-lihat tempat bersejarah itu, lalu kami menuju Grape karena emang perut udah gak bisa dikompromi, pengennya selalu dimasukin ayam bakar, lalapan, dan sambel bawang. Makanan di Grape ini gak beda jauh dengan yang di Gandu lalu, kami memesan ayam bakar 1 ekor, lalapan, sambel bawang, sambel terasi, ikan asin goreng, urap, sayur lodeh, tape ketan, es kelapa ijo utuh, es kelapa gelas, dan nasi untuk 6 porsi. Kami makan lesehan di saung yang tempatnya sejuk dan nyaman (cocok buat kalian yang demen kulineran). Lokasinya tuh dekat dengan hutan untuk Camp, persawahan, dan kali berbatu yang super bening, pokoke maknyus. Makan di Grape ini juga gak perlu khawatir soal kocek karena muraaaaaaah pake banget. Kalo mau tau, kami cuma menghabiskan kocek sebesar Rp 150.000 buat menu sebanyak itu. Setelah makan, kami main-main sebentar di kali, biasalaaah nyokap dan Tante Dudin lagi kumat narsisnya. Tadinya kami mau terapi ikan tapi karena abangnya hilang entah kemana, akhirnya kami bermain air di kali, duduk-duduk dari satu batu ke batu lainnya sambil foto-foto. Nih fotonya (model nyokap dan Tante Dudin).

Sungai-sungai Berbatu di Grape

DAY 5 (Minggu, 07 September 2014) : PACITAN, JAWA TIMUR

Hari Minggu tgl 07 September 2014, jadwal gue hari ini adalah tour ke Pacitan, selatannya pulau Jawa yang dikenal dengan Kota 1001 Goa. Pacitan ini daerah yang bener-bener masih asri, rute menuju Pacitan juga cukup menantang karena jalanan menanjak dan berkelok. Bagi orang yang gampang muntah, mungkin udah dehidrasi dan lemes kali yaaa. Selama perjalanan menuju Pacitan, kiri kanan cuma pemandangan bebatuan kapur seperti di daerah-daerah gurun di Amerika Serikat yang banyak kaktus dan cowboynya. Awal mula tour ke Pacitan ini karena mau mengunjungi teman SMP nyokap dan janji mau diajak jalan-jalan mengelilingi Pacitan. Kita berangkat sekitar pkl 08.30 pagi, dan sampai di rumah teman nyokap sekitar pkl 12 siang. Lalu kita isitirahat sejenak dan dilanjut solat zuhur.
Kediaman Tante Nurhayati, Teman SMP Nyokap
Setelah itu kita diantar berjalan-jalan mengelilingi Pacitan. Awalnya kita ditawari beberapa alternatif tempat wisata yang direkomendasikan di Pacitan tapi sesuai hasil voting, akhirnya kita memilih Goa Gong dan Pantai Klayar karena memang satu arah. Jadwal tour pertama yaitu ke Goa Gong. Perjalanan dari Kota Pacitan ke lokasi Goa Gong cukup jauh yaitu ditempuh selama 1 jam. Sebelum melalui perjalanan yang cukup jauh, kita disuguhi santapan makanan laut yang bener-bener menggugah selera, ditambah kita makan di lesehan yang membelakangi pantai yang digunakan sebagai dramaga.

Salah Satu Spot Lesehan
Lesehan, Tempat Menyantap Makan Siang
Menu yang kita santap lumayan banyak yaitu cumi sambal kecap, ikan dorang goreng, ikan tengiri bakar, urap, cah kangkung, oseng kikil, dan minuman. Pokoknya ini emang bener-bener wisata kuliner. Setelah perut dirasa sudah penuh, kita melanjutkan perjalanan menuju Goa Gong. Goa Gong merupakan salah satu goa di Pacitan yang telah dipatenkan oleh Dinas Pariwisata Pacitan dan sekarang Goa Gong dilengkapi lampu berwarna-warni untuk memudahkan wisatawan menyusuri Goa. Goa Gong ini cukup unik karena apabila kita memukul stalaktit dan stalagmit yang ada di goa tersebut dapat menghasilkan bunyi seperti gong.

Goa Gong Tampak Luar
Goa Gong Tampak Dalam
Setelah kami puas menikmati Goa Gong, perjalanan kami dilanjutkan menuju Pantai Klayar yang lagi-lagi hanya dapat ditempuh melalui rute yang cukup menantang selama 1 jam dari lokasi Goa Gong. Namun rasa lelah dan sedikit mual semua terbayar ketika hamparan laut biru mulai menunjukkan wajahnya dengan beberapa karang seperti Patung Sphinx yang berdiri gagah ketika mobil kami mulai menuruni jalan demi jalan. Karena saya menggunakan sepatu sneaker, akhirnya saya menyeker dari parkiran mobil menuju pantai.

Pantai Klayar dari Barat
Pantai Klayar dari Timur
Seperti biasa, kegiatan kami selama di pantai yaitu potret memotret. Aku berjalan sendiri memotret tiap sudut laut sedangkan nyokap dan temannya sibuk dengan dunianya, yaitu groufie. Oh iya sebelumnya saya ceritakan sedikit mengenai Pantai Klayar. Konon katanya dibalik pesona Pantai Klayar yang eksotis, ternyata Pantai Klayar merupakan pantai terangker di Pulau Jawa karena selalu memakan korban jika tidak berhati-hati (ya maklum namanya laut selatan yang berhubungan langsung dengan Samudera Hindia, pasti ombaknya besar). Di Pantai Klayar ini terkenal dengan seruling ombaknya yang akan menyemburkan air disela-sela karang dengan mengeluarkan bunyi seperti seruling. Namun percaya atau tidak percaya, ombak hanya bisa datang ketika dipanggil oleh pawang yang berjaga di lokasi dengan cara bersiul. Karena jarak dari parkiran menuju seruling ombak lumayan jauh, kami menyewa jasa ATV sebanyak 3 buah.

Om Hari Berpose Membelakangi Cahaya Bulan
Seruling Ombak di Pantai Klayar
Salah Satu Spot Dekat Seruling Ombak
Sunset di Pantai Klayar

Setelah kami puas menikmati senja di lokasi seruling ombak pada pkl 6 sore, pawang yang berjaga mulai memberikan pengumuman bahwa lokasi akan segera ditutup. Lokasi seruling ombak ini yang konon banyak memakan korban sehingga sejak kejadian hilangnya salah satu wisatawan beberapa bulan lalu, lokasi ini mulai dijaga ketat dan sebagian dipagari agar tidak ada wisatawan yang melintas lokasi tersebut. Dua jam kami lalui di Pantai Klayar dan hari sudah mulai gelap, akhirnya kami bergegas pulang menuju rumah teman nyokap. Sebelum tiba, kami disuguhi Soto Pacitan di kedai yang tak jauh dari rumah teman nyokap (HAHAHA dari kemarin wisata kuliner terus, alhasil massa gue naik 1 kg). Setibanya di rumah teman nyokap sekitar pkl 8 malam, kami menumpang membersihkan diri dan solat isya sebelum melanjutkan perjalanan pulang menuju Madiun karena akan membutuhkan waktu yang cukup lama, terlebih hari sudah gelap yang akan membahayakan pengendara jika berkendara terlalu lelah karena rute yang dilalui melewati hutan, jurang, dan pegunungan kapur. Sekitar pkl 20.30 malam akhirnya kami semua pamit, dan perjalanan menuju Madiun membutuhkan waktu sekitar 3 jam. Sesampainya di Kota Madiun pada pkl 23.30 malam, salah satu teman nyokap mengajak menyeruput kopi dan jahe hangat untuk menghilangkan lelah di sebuah angkringan. Gue, nyokap, dan lainnya memesan nasi kucing untuk sedikit mengganjal perut (perasaan udah makan deh tadi, gapapalah namanya juga nasi kucing pasti porsinya sedikit).

DAY 6 - DAY 10 (Senin, 08 September 2014 - Jumat, 12 September 2014) : MADIUN

Stay at Rumah Mbah

DAY 11 (Sabtu, 13 September 2014) : SITUBONDO, JAWA TIMUR

Jadwal tour kami selanjutnya yaitu Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Rencana berlibur ke Kabupaten Situbondo berawal dari  keinginan gue untuk mengunjungi tempat wisata savana yang berada di daerah Banyuputih (perbatasan antara Situbondo dengan Banyuwangi) yang sering gue lihat informasinya melalui internet (gak nyangka akhirnya gue bisa menginjakkan kaki gue di sini). Kebetulan nyokap memiliki teman SMA yang menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata Situbondo bernama Om Tulus Priatmaji yang akan menemani kita semua selama berada di Kabupaten Situbondo, sekaligus sebagai penyedia tempat penginapan HEHEHE..

Well, kami berangkat bersama keempat teman SMA nyokap yang lainnya bernama Tante Noniek, Tante Anna, Tante Asri, dan Tante Retno dengan menggunakan kereta api. Jadwal keberangkatan kereta api pkl 11.30 yang melaju dari Stasiun Madiun dan dijadwalkan tiba di Stasiun Probolinggo pada pkl 17.00 (FYI di Situbondo belum ada terminal dan stasiun). Kami menggunakan jasa kereta api ekonomi seharga Rp 50.000 per orang, LIKE THIS gaya nyokap gue kalo udah ngumpul sama temen-temennya!!!

Nyokap dan Ketiga Teman SMA-nya
Setelah kurang lebih menempuh perjalanan selama 5,5 jam, akhirnya kami tiba di Stasiun Probolinggo pkl 17.30. Di sana kami disambut dengan hangat oleh Om Tulus dan isterinya yang bernama Tante Henny yang sudah menunggu sejak pkl 16.30 HEHEHE maaf ya Om Tulus jadi menunggu lama (maklum kami kan naik kereta ekonomi yang sebentar-sebentar berhenti). Untuk menuju kediaman Om Tulus yang berada di Situbondo, kami harus menempuh perjalanan kembali selama 2 jam dengan menggunakan mobil pribadi. Sepanjang mata memandang, daerah Probolinggo – Situbondo sangat berbeda dengan kota-kota besar di Pulau Jawa, dua kata buat daerah ini “SEPI DAN GELAP”. Kebosanan sempat melanda kami (khususnya gue) selama perjalanan karena pemandangan yang gue lihat hanya beberapa rumah khas pantura dan hutan-hutan gelap. Tetapi semua kebosanan gue terbayar ketika melewati kawasan PLTU Paiton yang merupakan salah satu pembangkit listrik tenaga uap terbesar di Pulau Jawa yang terletak di Paiton, Probolinggo. Empat kata buat PLTU Paiton “BESAR, LUAS, KELAP-KELIP, INDAH”. Sayangnya gue gak sempat memotret keindahan PLTU Paiton pada malam hari walaupun Om Tulus menawarkan untuk berhenti hanya sekedar memotret tetapi karena rasa lelah ini udah gak tertahankan, akhirnya kami tetap melanjutkan perjalanan.

Setelah 2 jam perjalanan kami lalui, Om Tulus mengajak kami untuk memanjakan perut di sebuah lesehan di tengah laut Pasir Putih untuk menyantap ikan kerapu bakar (tau saja kalo perut kami mulai keroncongan HEHEHE). Sayangnya pusat makanan lesehan di tengah laut Pasir Putih ini tidak dilengkapi pencahayaan yang memadai sehingga dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu untuk memadu kasih (andai gue bawa lampu laser, pengen rasanya gue laserin satu-satu HAHAHA maklum keisengan gue lagi kumat). Ada beberapa keuntungan tinggal di daerah gelap dan sepi kayak gini, coba sekali-kali lo dangakin kepala lo ke atas dan lihat “SUBHAHANALLAHU ITU MILKY WAY..IYA ITU MILKY WAY”, lo bakal tercengang melihat jutaan bintang bertaburan di langit yang mana cuma bisa lo liat 1-4 biji bintang di langit Bogor. Situbondo ini bisa dibilang daerah yang curah hujannya cukup rendah dan polusi udara serta cahaya yang masih minim. Sayangnya gue gak kepikiran buat membawa kamera SLR, alhasil gue cuma bisa memotret keindahan alam ini dengan kamera seadanya. Tapi gapapa, semua udah terekam di otak gue.

Ikan Kerapu Bakar
Makan ikan kerapu bakar udah, liat milky way udah, liat orang pacaran udah, saatnya kami pulaaanggggg. Sesampainya di rumah Om Tulus, gue disambut oleh 2 ekor makhluk terimut yang bernama Garfield dan si Item. Garfield dan si Item ini adalah kucing peliharaan Om Tulus.

Si Item dan Garfield
Garfield, Si Imut Berbulu Tebal
Kalo udah ketemu makhluk imut ini, rasa lelah yang menghinggapi tubuh gue hilang seketika (ini bukan lebay). Sembari menunggu giliran mandi, gue bermain-main dengan Garfield dan si Item ini. Selesainya mandi, rasa lengket yang bikin gue gak nyaman di tubuh inipun hilang dan akhirnya kami beristirahat untuk melanjutkkan trip keesokkan harinya.

DAY 12 (Minggu, 14 September 2014) : SITUBONDO - BANYUWANGI, JAWA TIMUR

Mentari pagi Situbondo menyapa kami yang cuma tertidur beberapa jam. Jam menunjukkan pkl 05.30, gue mengambil air wudhu untuk melaksanakan solat subuh. Terdengar suara seseorang sedang memasak di dapur dan ternyata itu adalah Tante Henny yang sedang menyiapkan sarapan untuk kami semua (terima kasih atas pelayanan yang terbaik buat om dan tante :D). Setelah itu kami sarapan, lalu membersihkan diri untuk bersiap melanjutkan trip kami yang pertama, yaitu menuju Taman Nasional Baluran yang terletak di Banyuputih (Taman Nasional Baluran ini masih termasuk dalam kawasan Situbondo). Perjalanan dari kediaman Om Tulus pkl 07.00 menuju Taman Nasional Baluran cukup jauh, sekitar 1,5 jam dengan menggunakan mobil pribadi.

FYI bagi blogger yang belum tau apa, dimana, dan bagaimana sih Taman Nasional Baluran itu, oke gue jelasin sekalian buat promosi bagi agan-agan dan sist-sist yang suka travel :D

Taman Nasional Baluran merupakan taman nasional berupa kawasan padang rumput kering yang terletak di Banyuputih yang merupakan perbatasan Situbondo dan Banyuwangi yang terkenal dengan sebutan “Africa van Java”. Bagi agan dan sist yang sering bolak-balik Jawa – Bali via darat pasti sering melewati daerah ini. Untuk menikmati keindahan Taman Nasional Baluran hanya dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan karena jarak dari tempat pembelian tiket menuju pusat wisata cukup jauh, sekitar 1 jam dari tempat pembelian tiket dengan kecepatan 60 KM/H. Namanya juga padang rumput kering kayak di Afrika, pasti suhu udaranya sangat tinggi. Ya memang daerah ini memiliki suhu yang cukup panas, terlebih apabila agan dan sist mengunjunginya saat musim kemarau, kita akan merasakan atmosfir seperti berada di Afrika. Menurut informasi yang gue dapet, Taman Nasional Baluran ini ditempati oleh berbagai satwa liar dari berbagai spesies, seperti monyet, ayam hutan, burung merak dan burung lainnya, kijang, kerbau, kucing hutan, rusa, macan tutul, ular, dan yang terkenal adalah banteng serta beberapa jenis tumbuhan. Tapi jangan khawatir, di sini gak ada kawanan singa yang sering kita lihat di TV seperti savanna di Tanzania. Macan tutul hanya tinggal di tempat-tempat tertentu. Taman Nasional Baluran ini memiliki beberapa tempat yang bisa dijadikan tujuan objek wisata, seperti Bekol yang merupakan padang rumput kering, Bama yang merupakan pantai yang sunyi karena di pantai ini jarang terjadi ombak, dan Evergreen yang merupakan satu-satunya daerah terhijau di kawasan ini karena air selalu mengalir di tempat ini. Di Evergreen inilah tempat gue bertemu ular phyton dan ayam hutan. Usut punya usut, di tempat ini juga merupakan habitat macan tutul (kalo agan dan sist gak percaya, coba aja masuk ke Hutan Evergreen, siapa tau agan dan sist beruntung bisa bertemu macan tutul). Di tempat ini pula banyak traveler yang melakukan penelitian (mungkin untuk meneliti kenapa di tempat ini selalu hijau sepanjang tahun). Sayangnya selama gue menyusuri TN Baluran, gue gak bertemu dengan kawanan banteng, hewan khas TN Baluran ini. “OMG TN Baluran banyak bantengnya? Berarti jangan pake baju merah dong! Takut aahh” “Tenang aja, kalian boleh pake baju warna apa aja karena banteng itu buta warna. Dia nyeruduk bukan karena warnanya tapi karena gerakannya”.

Hutan Evergreen (Photo by Google)
Nyokap dan Teman-temannya Berpose
Gue Membelakangi Gunung Baluran (Gunung Api yang Sudah Tidak Aktif)
Seperti savana di Afrika, kan?
TN Baluran (1)
TN Baluran (2)
TN Baluran (3)
Jalan Raya Menuju TN Baluran (Rute Banyuwangi - Bali)
Selanjutnya kami melepas lelah di sebuah pantai yang cukup sunyi (bisa dibilang private beach karena jumlah pengunjung masih terbilang sedikit) bernama Pantai Bama. Di Pantai Bama ini disediakan wisata Snorkling dan Speed Boat buat agan dan sist yang ingin mengenal Pantai Bama lebih dekat. Pantai Bama ini dikelilingi oleh Hutan Bakau yang merupakan habitat monyet liar dan ular. Di sepanjang pantai ini banyak sekali monyet liar, jadi bagi kalian yang ingin mengunjungi pantai ini diharapkan jangan membawa barang berharga, dikhawatirkan monyet nakal tersebut akan mengambil barang kalian. Sebagai contoh monyet ini nyuri botol minum gue.

Monyet yang Mencuri Minumanku
Pantai Bama (1)
Pantai Bama (2)
Setelah dirasa cukup puas menikmati keindahan TN Baluran, akhirnya kami melanjutkan perjalanan kami menuju Pantai Pasir Putih. Saat meninggalkan TN Baluran, jam menunjukkan pkl 13.00. Karena perut kami sudah mulai lapar, yang empunya rumah mengajak kami menikmati lele bakar di sebuah kedai yang bernama Istana Lele sambil melaksanakan salat zuhur yang tak jauh dari lokasi Pantai Pasir Putih. Di kedai ini juga terdapat peternakan ikan lele, waahhh “sekali mendayung, dua pulau terlampaui”, gitu kali ya pepatah yang cocok buat kedai ini. BTW enak gak??? Beeuuhhh jangan ditanya… Enak pake banget, bumbunya merasuk, pokoknya maknyusssss. Kalo menurut gue, lebih enak dari ikan kerapu bakar semalem.

Perut udah kenyang, rasa lelah udah hilang, muka udah seger karena abis wudhu, saatnya kami melanjutkan trip kami ke Pantai Pasir Putih. Saat itu jam menunjukkan pkl 16.00 ketika kami tiba di Pantai Pasir Putih. Kenapa sih kok disebut Pantai Pasir Putih? Sebenernya sih pasir semua pantai warnanya putih ya, mungkin karena daerahnya bernama Pasir Putih makanya disebut Pantai Pasir Putih. Pantai Pasir Putih ini tidak seluas Pantai Klayar, namun Pantai Pasir Putih ini memiliki ombak yang relatif kecil (karena terletak di pantai utara) dan pantai yang super bening. Kami menaiki perahu layar untuk 6 orang dengan mengeluarkan kocek seharga Rp 100.000. Sungguh pengalaman liburan yang menyenangkan, kami dibawa oleh nahkoda perahu (cie elah nahkoda, apalah namanya itu buat abangnya yang ngendaliin perahu) hingga berjarak beberapa ratus meter dari bibir pantai. Perahu layar ini dikendalikan menggunakan layar super besar yang memanfaatkan tenaga dan arah angin. Yang bikin gue heran, kami ini udah di tengah laut lho tapi rasanya melihat laut itu seperti dangkal karena masih bisa terlihat karang dan beberapa spesies ikan sedang menari-nari di dalam air, lalu gue iseng bertanya kedalamanan laut ini sama abangnya, ternyata cuma 2 meter. Masih amanlah kalo nih kapal tiba-tiba jungkir balik atau apalah. Dari sini gue bisa melihat keindahan sunset dan juga gunung puteri (disebut gunung puteri karena menyerupai perempuan yang sedang terlentang).

Pantai Pasir Putih dari Timur
Pantai Pasir Putih dari Barat
Gunung Puteri, Pasir Putih, Situbondo
Sunset di Tengah Laut
Sunset di Sepanjang Pantai Pasir Putih
Seperti biasa, sebelum pulang, kami membeli oleh-oleh khas Situbondo yang kebanyakan berbahan dasar tape seperti bolu tape, prol tape, suwir-suwir, dan lain-lain. Cukup sekian liburan kami di Situbondo. Akhirnya kami pamit pulang dan mengucapkan terima kasih setelah Om Tulus dan Tante Henny mengantar kami sampai ke Terminal Probolinggo. Karena jadwal kereta pada malam hari sedang kosong, kami menggunakan jasa bus menuju terminal Madiun. Saat tiba di Terminal Madiun, jam menunjukkan pkl 02.30 (Kota Madiun seperti kota mati, berbeda dengan Cibinong, Bogor, ataupun Jakarta yang sudah menunjukkan aktivitasnya saat pkl segini). Akhirnya gue dan nyokap menyewa jasa taksi hingga diantar sampai ke rumah mbah.