Sunday 19 October 2014

4 PERBEDAAN MENCOLOK REMAJA JAMAN DULU DENGAN SEKARANG

October 18, 2014 by Tia Esha Nombiga

Remaja Jaman Sekarang vs Remaja Jaman Dulu

Empat perbedaan remaja jaman dulu dengan remaja jaman sekarang ketika...

1. Pacaran
Gak usah diragukan lagi kalo remaja jaman dulu punya tingkat kesabaran yang tinggi dalam merajut suatu hubungan asmara. Tau darimana? Emang ente remaja jaman dulu? Tau dong.. gimana engga.. menurut lo, mereka komunikasi lewat mana coba selama pacaran? Lo pikir jaman dulu udah ada Whatsapp, BBM, Line, Kakaotalk, BeeTalk, dan sodara sedarah dagingnya yang langsung nyampe sekali kirim? Kagak brosist.. mereka saling berkomunikasi jarak jauh melalui pak pos alias surat menyurat. Kalo remaja jaman sekarang yang lagi pacaran pasti cepet bete kalo pacarnya ngebales chatnya lama, padahal doi baru ngirim 5 menit yang lalu. Doi gak ngerasain era nenek doi semasa remaja kalo lagi pacaran gimana. Mereka yang hidup jaman dulu pasti harus nunggu beberapa hari bahkan minggu bahkan bulan untuk bisa ngebaca balesan surat dari pacarnya. Belom lagi si pak pos salah alamat gara-gara dikasih alamat palsu, belom lagi si cewek/cowok lagi bete sama pacarnya jadi baru mood ngebales suratnya seminggu kemudian (kan keburu basi acara ngambek ngambekannya), belom lagi si cewek/cowok lagi kere jadi tuh surat disimpen dulu dan baru bisa dikirim setelah duit celengannya cukup buat bayar pak pos, belom lagi duit buat ngirim surat tiba-tiba kurang, jadinya terpaksa mereka ngirim yang paket hemat alias yang nyampenya sebulan kemudian, belom lagi ada orang iseng yang ngebuka kotak surat terus suratnya malah diambil (orang isengnya ini ternyata PHO (Perusak Hubungan Orang)), dan masih banyak kemungkinan lain yang bikin surat itu lama mendarat di tangan tertuju.. lamaaaa… Gak bisa ngebayangin kan lo? Sama, gue juga.. Intinya remaja jaman dulu tuh sabar sabar banget. Berbahagialah kalian remaja jaman sekarang yang bisa berkomunikasi secara elektronik tanpa harus menunggu waktu berhari-hari untuk berkirim pesan (selama kalian punya HP, punya pulsa, provider oke, gak lagi di tempat terpencil, dan yang lebih penting, selama cinta kalian gak bertepuk sebelah tangan, dimana ketika kalian ngechat doi, tapi sama doi cuma diread, atau yang lebih sakit, sama doi langsung di “End Chat”)

2. Salting
Sebenernya gadget itu gak cuma berguna waktu update status atau main game aja, tapi ada kegunaan lain di luar itu. Iyaa.. coba lo perhatiin, rata-rata remaja jaman sekarang yang lagi salting nih, semisal lagi salting gara-gara diliatin lawan jenis (padahal doi ngeliatin gara-gara mupeng sama gadgetnya), pasti saltingnya pura-pura main HP atau tablet. Itulah kegunaan lain dibalik kecanggihan gadget bagi remaja jaman sekarang, yaitu untuk mengalihkan kesaltingan mereka waktu diliatin lawan jenis.. Dan paket plusnya, mereka bisa sekalian ngupdate status di Path yang di-link ke akun Twitter, FB, sama Tumblr-nya begini…

“Iiihhh cowok/cewek depan gue apabanget deh, ngeliatin gue mulu, bikin risih”

Gituuu sih enaknya hidup di era modern begini.. Coba lo bayangin, gimana caranya remaja jaman dulu kalo lagi salting gara-gara diliatin lawan jenis??? Coba pikir gimanaaa.. Kalo menurut gue sih ada dua kemungkinan; yang pertama, pura-pura benerin sendal jepit atau yang kedua, malah ngeliatin balik biar yang ngeliatin jadi ikutan salting (ini sih judulnya jadi pandang memandang), gapapalah, siapa tau abis itu saling jatuh cinta EAAAKKKK... Kira-kira menururt blogger, kemungkinan apa lagi yang dilakuin remaja jaman dulu kalo lagi salting???

3. Curhat
Kalian yang ngaku remaja jaman sekarang siapa yang gak punya media sosial??? cuuunggg!!! Pasti semua yang baca blog ini gak ada yang ngacung, dijamin. Kalo kalian ngacung, kemungkinan kalian mantan remaja jaman dulu atau kemungkinan kalian remaja jaman dulu yang terjebak di dalam tubuh seorang remaja jaman sekarang (?). Memang benar, remaja jaman sekarang lebih menyukai curhat di dalam media sosial ketimbang curhat di dalam buku diary atau orang terdekatnya. Karena katanya sih kalo curhat di dalam media sosial biar sekalian ngasih kode ke si doi supaya si doi jadi care gitu, atau minimal nanya “kenapa?”, padahal mah boro-boro. Dan keuntungan lain curhat di media sosial itu bisa meraup sebanyak-banyaknya perhatian dari followers, dengan melihat sebanyak apa reply, comment, retweet, like, ataupun love dari curhatan yang kita tulis, padahal menurut gue, mereka tak ubahnya hanya sebatas pencitraan. Curhat di media sosial itu sebenernya banyak mudharatnya. Yang utama, keprivasian kita jadi gak terjaga akibat ulah kita sendiri. Gue sebagai mantan yang pernah merasakan hidup di-era Alay beberapa tahun lalu sering yang namanya curhat di media sosial. Tapi seiring pertambahan umur, gue ngerasa itu adalah hal yang memalukan.

Lalu bagaimana cara remaja jaman dulu meluapkan isi hatinya??? Menurut pengamatan gue, remaja jaman dulu lebih suka curhat di dalam buku diary lengkap dengan gemboknya. Yang pasti akan lebih terjaga kerahasiaannya, kecuali kalo ada orang kepo yang niatnya pake banget sampe segala macem cara dilakuin supaya nemu gembok diary itu. Dan keuntungan lain curhat di dalam buku diary, yaitu bisa digunakan untuk keperluan penelusuran jika terjadi hal buruk terhadap si penulis. Seperti kisah nyata “Buku Diari Anne Frank” yang fenomenal hingga saat ini. Karena kalo curhat di buku diary, akan sulit dihapus jejaknya. Berbeda dengan media sosial yang dapat segera dihapus postingannya hanya dengan sekali klik..

So, bijaklah dalam menggunakan media sosial kalian wahai Remaja Jaman Sekarang!

4. Hang Around
Guys, janganlah sekali-kali menghina orang lain yang lagi jalan sendirian ke mall/toko buku/bioskop. Pasti di dalam benak kalian berpikir bahwa orang itu adalah jomblo. Kalo remaja jaman sekarang yang jalan sendirian, pasti langsung dicemooh…

“Truk aja gandengan, masa lo sendirian”
“Kayak penendang corner kick aja, sendirian mulu”
“Kok sendirian? Pacarnya mana?”
"Sendal jepit aja sepasang, masa lo sendirian?"

Dan masih banyaaaak lagi cemooh lainnya yang menyudutkan kaum yang sering bepergian sendiri

Terkadang hal tersebut yang membuat remaja jaman sekarang merasa khawatir ketika bepergian sendirian, sehingga ketika mereka tidak memiliki teman untuk diajak pergi bersama padahal film yang ditunggu-tunggu sedang diputar di bioskop-bioskop kesayangan mereka, mereka akan mengurungkan niatnya untuk bepergian kalau hanya seorang diri. Sebenernya mereka yang selalu jalan sendirian ke mall/toko buku/bioskop bukan berarti jomblo tapi ada beberapa sebab, seperti: Saat gak punya duit, dia yang sedang dilanda kekeringan dompet tapi pengen nyari angin segar, suka berat hati ngajak pacarnya untuk jalan bareng. Sehingga alternatif lain adalah jalan sendirian demi menjaga kelangsungan hidup masyarakat di negeri dompet mereka karena mereka tak perlu mentraktir pacarnya. Saat LDR, dia yang lagi LDR mau tak mau harus merasakan hidup sendirian bak jomblo. Kemana-mana sendirian. Makan sendirian, tidur sendirian, mandi sendirian, pokoknya serba sendirian.

Kalian belum tau gimana gaya hidup remaja jaman dulu kalo sedang bepergian? Menurut survey, remaja jaman dulu sering bepergian sendirian lho! Gak gerudukan kayak anak-anak yang ngakunya gaul jaman sekarang. Itu sih katanya menandakan kebebasan dalam diri mereka. Bebas tanpa aturan kemanapun mereka pergi dan apapun yang mau mereka lakukan selama bepergian dan menurut gue, CARA PANDANG MEREKA KAYAK GITU TUH ASIK BANGET!!! COCOK BUAT TOS-TOSAN BARENG KALO KETEMU LAH POKOKNYA…

0 komentar:

Post a Comment